Apa yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu pembentukan IQ si kecil? Idealnya memang, sejak kehamilan ibu sudah memperhatikan asupan nutrisi dan stimuli-stimuli dari luar yang dapat berpengaruh pada perkembangan otak si kecil.

Musik Klasik
Alternatif lain yang disarankan oleh para ahli adalah memperdengarkan musik klasik sejak bayi masih dalam kandungan hingga usia balita. Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan atau belajar musik, terutama musik klasi, bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berbicara, pendengaran, rasa percaya diri, kemampuan koordinasi ketika mendengarkan musik, dan bahkan mengoptimalkan kecerdasan anak.

Banyak penelitian dari pakar psikologi perkembangan memperlihatkan bahwa musik klasik dapat membantu menstimulasi perkembangan otak anak. Mereka yang sering diperdengarkan jenis musik ini, tanpa sadar dakan memberikan respons terhadap kualitas musik klasik seperti ritme, melodi, dan harmonisasinya.

Hal ini kelak akan memudahkan si kecil memahami berbagai bentuk dari konsep hubungan seperti waktu, ruang dan urutan. Kemampuan ini dibutuhkan agar dapat menguasai ilmu pengetahuan, matematika, dan pemecahan masalah.

Tip Membantu Perkembangan Otak Anak
Rangsangan penglihatan akan membantu anak untuk dapat berkonsentrasi lebih lama.
Rangsangan indera penciuman akan membantu perkembangan gerak motorik.
Menimang si kecil dengan gerakan beritme akan membantu perkembangan memorinya.
Saat Anda memberikan rangsangan pada satu atau dua indera si kecil secara bersamaan, Anda meningkatkan tingkat perhatian dan keingintahuannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s