Seorang anak dengan self esteem yang sehat akan merasa baik tentang dirinya, dapat berhubungan dan berprilaku baik dengan orang lain serta lebih peka terhadap dunia sekitarnya.

Jika Anda ingin menanamkan ciri-ciri tersebut terhadap anak Anda, ikuti empat langkah berikut:

* Tunjukkan pada mereka bahwa Anda menghargainya Kualitas dan kuatitas waktu yang Anda berikan menunjukkan penghargaan. Anak perlu diberitahu langsung oleh orang tuanya bahwa mereka sangat mencintainya-memuji, merangkul, mencium, mengemong dan bermain bersama mereka. Perilaku orang tua lain yang menunjukkan Anda menghargai anak-anak termasuk tindakan yang dapat menjengkelkan dan mengganggu mereka, seperti memasang tempat duduk bayi di mobil, seat belt, helm sepeda, mengawalnya saat naik tangga jalan, mengunci lemari, memilih siaran televisi, menentukan waktu tidur yang tepat dan makanan kecil yang cocok.

* Biarkan mereka belajar Kompetensi adalah bumbu berikutnya untuk mengembangkan self esteem anak yang sehat. Ini berarti memiliki sense of control atas lingkungannya baik personal, sosial dan fisikal. Orang tua dapat menunjukkan kompetensi dengan menyediakan area aman bagi anak untuk mengembangkan berbagai keahlian dan mengijinkan mereka ikut serta dalam aktivitas rumah tangga seperti memasak, bersih-bersih, mencuci dan membereskan tempat tidur. Tujuan dari aktivitas ini adalah untuk mengembangkan sense of control anak. Partisipasi harus menyenangkan, suportif dan membantu. Semakin besar kontrol dan penguasaan skill anak berkembang, semakin besar sense of competencynya.

* Partisipasi dalam melakukan perbuatan baik Hal ketiga yang dapat orang tua lakukan untuk memberikan self esteem yang sehat pada anak adalah dengan mengarahkan dan membantu mereka melakukan perbuatan baik. Ini akan mengajarkan anak suatu kesadaran hidup dengan orang lain dan memungkinakan pengembangan empati dan perilaku mementingkan orang lain.

* Buat pelaturan dengan jelasHal terakhir orang tua dapat lakukan untuk meningkatkan self esteem anak-anak mereka adalah mengimplementasikan struktur. Anda membantunya dengan membuat pelaturan berapa banyak tidur itu cukup, memutuskan kapan waktu makan keluarga, dimana anak-anak diijinkan untuk becanda, dan apa yang terjadi jika anak Anda memukul seseorang. Kesadaran pribadi yang baik tidak datang secara alami pada anak. Ini adalah sesuatu yang harus dipupuk, dikembangkan dan dipelihara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s