Berprasangka baik pada apapun dan siapapun itu perlu, karena ia sangat berpengaruh dalam kehidupan kita. pesimis membuat jiwa selalu dirundung kemurungan, dijauhkan dari kesuksesan dan perubahan ke arah yang lebih baik dalam kehidupan. prasangka buruk membuat jiwa menjadi kerdil, hati selalu diliputi ketidak tentraman, kegelisahan dan kegersangan rohani. biasanya orang-orang yang berkali-kali gagal atau menemui kerikil tajam dalam menjalani kehidupannya secara tidak langsung dalam alam bawah sadarnya akan tumbuh sebuah ketakutan ketika akan memulai lagi membuka kehidupan baru, akan memulai lagi usaha baru, dan orang-orang yang seperti inilah yang kemudian dalam kehidupannya akan dijauhkan dari kesuksesan, dia hanya berkutat dalam ruang ketakutan, hari-harinya hanya diliputi rasa kekwatiran, tak pernah terlintas dalam alam fikiranya bahwa sebenarnya kegagalan itu adalah merupakan sumber pembelajaran dari Tuhan agar ia lebih pintar dan cerdas lagi dalam mengarungi masa depannya. kegagalan mengajarkan seseorang bagaimana dia harus meraih kesuksesan, kegagalan sebuah pelajaran berharga agar ia tidak lagi melakukan kebodohan yang sama dalam kehidupan selanjutnya, kegagalan merupakan sebuah metode efektif yang diberikan Tuhan agar ia tak berhenti berupaya dan cerdas dalam berkreasi dan berinovasi. Dan saya melihat orang-orang yang pernah mengalami kegagalan tapi dari kegagalan itu justru ia menjadi pribadi penakut dan pecundang maka kesuksesan baginya hanya merupakan impian belaka, kenapa ? karena dalam hatinya selalu dilanda ketakutan yang hebat jika ia memulai usaha lagi maka dia akan jatuh terpuruk lagi. ketakutan membelenggu langkahnya menuju sebuah perubahan yang berarti, ketakutan mengucilkannya dari gemerlap cahaya keberhasilan.
Prasangka baik pada Tuhan mewujudkan kebaikan untuk kita, sebaliknya prasangka buruk pada-Nya menumbuhkan keburukan pula dalam kehidupan kita. prasangka buruk pada apapun yang ditentukan Tuhan hanya akan memunculkan kekerdilan jiwa, kesempitan dada dan ketakutan yang tak beralasan. Demikian pula prasangka baik pada orang lain akan menjadikan kelapangan hati, prasangka baik pada keadaan apapun yang sedang dijalani merupakan pintu pembuka bagi kita menuju kehidupan cerah penuh cahaya.
Pemikiran yang dipenuhi buruk sangka akan mempersempit kehidupan, akan menyesakkan dada dan jelas akan menghambat upaya apapun yang dilakukan.
Ya Allah, semoga Engkau jauhkan kami dari pemikiran dan hati yang selalu dipenuhi buruk sangka, dijauhkan dari kehidupan orang-orang yang selalu berburuk sangka, lingkungan yang selalu dipenuhi orang-rang yang gemar berburuk sangka, keluarga yang selalu diliputi pemikiran yang terbelenggu buruk sangka, teman-teman dan saudara-saudara yang senantiasa suka berburuk sangka, amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s